Bukan Ramuan, Makanan Ini Dibenci Kanker Payudara Tapi Dicintai Tubuh!

makanan kanker payudara
(iStock)
-

Tidak ada video disisipkan.

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Mpok Alpa dikabarkan meninggal (15/8/2025) akibat mengidap kanker payudara stadium 4. Penyakit serius ini bisa dicegah secara alami lewat konsumsi makanan sehat bernutrisi tepat.

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang terbentuk di jaringan payudara. Sel kanker dapat tumbuh secara tidak terkendali dan mengambil alih jaringan payudara yang sehat dan sekitarnya.

Belum diketahui faktor apa yang menyebabkan sel kanker tumbuh di sekitar payudara. Namun, wanita memang berisiko terkena penyakit ini ketika mereka memiliki gejala berat badan berlebih, menstruasi pada usia terlalu muda, memiliki kebiasaan merokok, atau faktor genetik.

Makanan Pencegah Kanker Payudara

Untuk mencegah kanker payudara, coba konsumsi makanan berikut, seperti yang dikutip dari Times of India dan getsurrey.co.uk

1. Kedelai

Mengonsumsi kedelai dan produknya, seperti edamame, tahu, atau susu kedelai dapat mencegah risiko kanker payudara.

Dalam sebuah penelitian yang dimuat di jurnal JNCI Cancer Spectrum, kedelai mengandung isoflavon yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara hingga 26%.

Namun perlu diperhatikan, konsumsi kedelai sebaiknya secukupnya. Hindari berlebihan karena bisa jadi malah meningkatkan risiko perkembangan kanker payudara. Sebagai solusi terbaik, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter.

2. Teh hijau

Teh hijau mengandung polifenol yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Menurut Mount Sinai, dalam sebuah penelitian terhadap 472 wanita dengan berbagai stadium kanker payudara, para peneliti menemukan bahwa wanita yang paling banyak minum teh hijau memiliki penyebaran kanker paling kecil.

3. Sayuran hijau

Konsumsi sayuran hijau memang terkenal menyehatkan, bahkan membantu mencegah kanker payudara. Bayam, selada, sawi hijau, sampai kangkung diketahui bermanfaat karena kandungan antioksidan karotenoid, seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin.

Kadar antioksidan tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara. Kandungan antioksidan dan glukosinolat di dalam beberapa sayuran hijau ini juga dapat melindungi sel dalam tubuh dari kerusakan DNA.

Senyawa tersebut juga bisa membunuh sel kanker dengan menghambat pembentukan pembuluh darah tumor, sehingga penyebaran sel kanker juga dapat dicegah.

Baca Juga:

Kulit Buah Naga Jadi Obat Herbal Antikanker, Temuan Mahasiswa UNAIR

9 Makanan yang Disukai Kanker: Hindari untuk Kurangi Risiko

4. Bawang putih

Bawang putih yang menjadi bumbu masak populer di Indonesia ternyata punya manfaat hebat. Senyawa allicin yang kaya antioksidan pada bawang putih menurunkan risiko terjadinya beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker usus besar, kanker lambung, hingga kanker paru.

Menurut laporan situs Healthline, sebuah studi tahun 2020 yang melibatkan 660 wanita di Puerto Rico mengaitkan asupan bawang putih dan bawang bombai tinggi terhadap penurunan risiko kanker payudara.

Makanan ini juga mengandung vitamin C, antioksidan flavonoid, dan senyawa organosulfur yang semuanya memiliki sifat antikanker.

5. Jeruk

Kanker payudara juga bisa dicegah dengan konsumsi buah citrus, termasuk jeruk, lemon, dan jeruk nipis. Di dalam buah tersebut terkandung senyawa flavonoid yang bisa melindungi tubuh dari serangan kanker.

Flavonoid merupakan sejenis antioksidan yang berperang mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain itu, buah citrus juga kaya akan vitamin C, folat, karotenoid, yang memiliki efek antioksidan, antikanker, dan anti-inflamasi untuk mencegah berbagai jenis penyakit.

(Anisa Kholifatul Jannah)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Mahasiswa Universitas Bhakti Kencana Gelar Edukasi Olah Sampah Organik di Desa Cikadut
Mahasiswa Universitas Bhakti Kencana Gelar Edukasi Olah Sampah Organik di Desa Cikadut
Lepas Bapenda Bedas Run, KDS Ajak Warga Taat Pajak Dukung Pembangunan
Lepas Bapenda Bedas Run, KDS Ajak Warga Taat Pajak Dukung Pembangunan
KDS Kebut Tangani Banjir Kabupaten Bandung, Normalisasi Sungai hingga Bangun Drainase Baru
KDS Kebut Tangani Banjir Kabupaten Bandung, Sungai Dikeruk hingga Bangun Drainase Baru
Dorong Swasembada Kedelai, KDM Minta Petani Lakukan Ini
Dorong Swasembada Kedelai, KDM Minta Petani Lakukan Ini
favehotel Hyper Square Bandung Hadirkan Meeting Package Harga Terjangkau Untuk Kebutuhan Bisnis
favehotel Hyper Square Bandung Hadirkan Meeting Package Harga Terjangkau Untuk Kebutuhan Bisnis
Berita Lainnya

1

Tips Mengobati Luka Melepuh Akibat Gigitan Tomcat, Jangan Digaruk!

2

Mursyid Asal Surabaya Dukung Gus Farkhan Evendi Jadi Utusan Presiden

3

Woodyland Eatery Kafe Baru di Bandung Mengusung Tema Magical Forest Rest!

4

5

Threads Melonjak Pesat, Jadi Penantang X Milik Elon Musk
Headline
Harga Kedelai Melonjak, Farhan Minta Perajin Tahu Tempe Tetap Produksi
Harga Kedelai Melonjak, Farhan Minta Perajin Tahu Tempe Tetap Produksi
Kota Bandung Jajaki Kolaborasi Kebudayaan dan Industri Kreatif dengan Prancis
Kota Bandung Jajaki Kolaborasi Kebudayaan dan Industri Kreatif dengan Prancis
timnas-kanada-saatnya-les-rouges-buat-sejarah-di-800-2026-05-02-091044_0
Prediksi Skor Kanada vs Bosnia-Herzegovina Piala Dunia 2026, Tuan Rumah Bidik Kemenangan Bersejarah di Laga Pembuka
Bandung Zoo
Ada Pengelola Baru, Pemkot Siapkan Tahapan Perizinan dan Transisi Operasional Bandung Zoo