Apakah Bawang Putih Aman Dikonsumsi Ibu Menyusui? Ini Penjelasannya

Bawang putih untuk Ibu menyusui
Bawang putih. (pixabay)
-

Tidak ada video disisipkan.

BANDUNG,TEROPONGMEDIA.ID — Banyak yang mengenal bawang putih, salah satu bahan dapur yang kaya akan khasiat. Namun, bagi sebagian orang ada yang mempertanyakan, apakah bawang putih aman untuk ibu menyusui?

Menurut laporan dari Verywell Family, tidak ada larangan khusus yang menyatakan ibu menyusui tidak boleh makan bawang putih. Selama tidak menunjukkan gejala alergi pada anak, bawang putih dapat tetap aman.

Manfaat Bawang Putih Saat Menyusui

Beberapa penelitian menunjukkan mengonsumsi bawang putih dalam jumlah yang cukup dapat merangsang produksi ASI. Bawang putih mengandung senyawa galactagogue, yang berperan dalam meningkatkan produksi ASI.

Selain bawang putih, beberapa makanan lain yang juga dapat meningkatkan produksi ASI adalah oatmeal, beras merah, almond, dan sayuran hijau.

Perhatian dalam Konsumsi

Walaupun bawang putih aman, ibu menyusui perlu memperhatikan jumlahnya. Konsumsi bawang putih yang berlebihan dapat mempengaruhi aroma dan rasa ASI, yang mungkin tidak disukai oleh bayi.

Jika bayi menunjukkan tanda-tanda kolik, seperti terus menangis atau rewel, sebaiknya ibu mengurangi atau menghentikan konsumsi bawang putih. Jika ragu, konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan saran yang tepat.

Fakta Kesehatan Lainnya tentang Bawang Putih

Bawang putih kaya akan zat-zat yang bermanfaat, antara lain:

1. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Penelitian di Ankara University menunjukkan bahwa suplemen ekstrak bawang putih dapat memperbaiki profil kolesterol dan menurunkan tekanan darah secara signifikan.

2. Mencegah Flu

Konsumsi rutin bawang putih dapat mengurangi frekuensi penyakit flu, seperti yang dilaporkan dalam studi oleh American Family Physician.

3. Menurunkan Risiko Osteoarthritis

Penelitian dari King’s College London menunjukkan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi bawang putih memiliki risiko lebih rendah terhadap osteoarthritis.

4. Risiko Kanker Paru

Sebuah studi dari Jiangsu Provincial Center for Disease Control and Prevention menemukan bahwa konsumsi bawang putih mentah setidaknya dua kali seminggu dapat mengurangi risiko kanker paru hingga 44%.

BACA JUGA: Resep Kentang Panggang Bawang Putih yang Menggugah Selera

Semoga informasi-informasi di atas, dapat membantu Anda dalam menjawab semua kebingunan atas pertanyaan, apakah bawang putih aman untuk ibu menyusui.

 

 

(Virdiya/Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
OJK Jabar
Penipuan Investasi Mantan Pegawai Bank Mandiri Taspen di Purwokerto, OJK Minta Korban Segera Melapor
500 Musisi Meriahkan Bandung Kota Angklung Festival 2026
500 Musisi Meriahkan Bandung Kota Angklung Festival 2026
Pameran Persib Hadir di Braga, Suguhkan Identitas Bobotoh Melalui Karya Seni
Pameran Persib Hadir di Braga, Suguhkan Identitas Bobotoh Melalui Karya Seni
Dihadiri Bupati Bandung, KH Ubaidillah Ruhiat Lantik Wakil Ketua DPR RI Jadi Ketua Alumni Cipasung
Dihadiri Bupati Bandung, KH Ubaidillah Ruhiat Lantik Wakil Ketua DPR RI Jadi Ketua Alumni Cipasung
maroko brazil
Prediksi Skor Maroko vs Norwegia: Duel Dua Tim Kuda Hitam Piala Dunia 2026
Berita Lainnya

1

2

Tips Mengobati Luka Melepuh Akibat Gigitan Tomcat, Jangan Digaruk!

3

Threads Melonjak Pesat, Jadi Penantang X Milik Elon Musk

4

Meski Matic, ini Catatan Berkesan BBM Kijang Kapsul LGX

5

Jadwal Adzan Magrib Lombok Hari Ini 17 Maret 2025
Headline
rupiah hari ini
Rupiah Diprediksi Tembus Rp19.000 Akhir Juni 2026, The Fed Jadi Sorotan!
Farhan Bandung Siap Jadi Kota Terdepan Implementasi AI Pelayanan Publik
Farhan: Bandung Siap Jadi Kota Terdepan Implementasi AI Pelayanan Publik
Darurat Sampah Tidak Disetujui, Pemkot Bandung Siapkan Solusi Mandiri
Darurat Sampah Tidak Disetujui, Pemkot Bandung Siapkan Solusi Mandiri
dadan
Geser Dadan Hindayana, Prabowo Tunjuk Naniek Deyang Jadi Kepala BGN yang Baru